Putri Pasoso dan Ratu Nambu

Senin, Juli 06, 2015 Unknown 0 Comments


1 Juni 2015 adalah hari yang ditunggu-tunggu karena pada hari  itu ada KRL yang baru datang dari Nambu Line setelah sebelumnya delay sehari. Gak perlu gue jelasin lagi tentang KRL ini karena gue yakin kalian udah pada tahu. Jadi, gue akan berbagi pengalaman gue jadi Putri Pasoso dan Ratu Nambu Ɵ kata Adam Arya. *anjay
Waktu pagi menjelang siang gue buka Facebook, timeline gue rame sama anak-anak RF yang asik selfie sama KRL yang baru datang ini. Jujur aja gue iri, gue pengen kesana. Ngeliat mereka selfie bahagia sama si Orenji. Tapi yasudahlah mungkin gue belum beruntung bisa datang kesana.
Jam 12.00 gue dapet LINE dari temen gue sebut saja dia Pija, dia ngajakin gue caw ke PSO sama si Adam juga. Gue galau, gue pengen ikut tapi gue takut ga dibolehin. Oke gue ga ngasih konfirmasi ke Pija gue jadi ikut apa kaga. Jam 15.00 Pija nge-LINE lagi minta konfirmasi dia bilang jam 16.00 janjian di st.BOO. Gila! Gue Cuma punya waktu kurang dari satu jam buat mutusin gue ikut apa kaga. Akhirnya gue pilih ikut, gue buru-buru mandi minta izin dan langsung caw ke st.BOO. Memang ya, namanya jodoh mah ga akan kemana. Sampe st.BOO gue langsung di sambut 1080 dan 1090 yang bergaya cantik di jalur 7 dan 8.
Perjalanan dari BOO ke JAKK sore itu kurang bersahabat karena keseringan ketahan dan jalan dengan taspat yang bikin pengen ngebacok orang. Akhirnya sampe JAKK jam 18.30. Kita ke Sepel buat buka dan makan. Selesai makan langsung caw naik angcrot. Sampe di Laguna kita pun turun dan langsung di sambut sama lokomotif yang bawa konte. Dan yang kocak buat gue adalah itu perlintasan sebidang ga ada tinung-tingung (?) nya. Asli serem, meskipun ada yang jaga tapi ga ada palang pintunya dan masih banyak motor yang suka nerobos padahal udah dikasih peringatan.
Akhirnya tuh kereta masuk ke gerbang PSO kita pun masuk. Ini pertama kalinya gue jalan bersampingan dengan konte asli serem parah mana gelap dan melewati rerumputan yang penuh dengan ranjau macam kotoran hewan atau mungkin sama hewan-hewannya dan Cuma diterangin sama senter. Pas sampe setengah perjalanan, kita ditegur sama penjaga rel tadi ditanya mau ngapain, akhirnya Adam jelasin dan kita di izinin.
Sampe di depan stasiun Pasoso banyak abnget pegawai yang ngeliatin kita. Kata Adam jangan heran kalau kesini diliatin apalagi cewe karena mana ada cewe di Pasoso, mungkin gue sama Pija cewe pertama yang niat datang ke Pasoso. Sampe sana mata langsung fokus sama tumpukan-tumpukan konte dan alat-alat besar lainnya dan ini adalah pengalaman pertama gue berada di daerah kaya gini. Meskipun sudah malam tapi hawanya tetap saja panas.
Ga lama kemudian ada mobil seceng Ɵ (Adam yang bilang mobil seceng untuk ngangkut kereta dll) dan dia bawa kereta orenji!!! Terus kereta di angkut pake crane dn ditaruh di rel. Kebayangkan? Oke, jadi ga perlu gue jelasin secara detail wkwk. Sementara para kru lagi bekerja, gue, Adam, Pija mbulusukan ke belakang kereta lewat semak semak disamping kereta yang udah disusun rapi. Karena gelap jadi kita harus berhati-hati, Cuma bermodalkan senter kecil. Setelah puas menelusuri kita balik lagi ke tempat kru kerja karena disana penerangannya cukup. Kita duduk aja dir el sambil negliatin para kru itu bekerja. Tapi sesuatu yang mengejutkan terjadi, di celana kita udah banyak tanaman yang nempel tajem-tajem gitu kek bulu babi, pasti taulah~ akhirnya sambil ngeliatin para kru, kita nyabutin tuh bulu-bulu babi.
bulu babi ada di darat :v
Lagi asik bengong, tiba-tiba kita didatangi oleh seorang pegawai KCJ namanya pak Jhon Roberto dan ternyata beliau adalah Direktur Utama Teknik di KCJ. Waahhh!! Kita diajak ngobrol sama beliau. Beliau heran kenapa kita suka kereta, ya kita juga bingung gimana ngejawabnya. Terus beliau cerita-cerita tentang pengalamannya di Jepang. Dia juga bilang dia seneng sama orang-orang kaya kita karena punya pengetahuan tentang kereta. Padahal pengetahuan kita masih ecek-ecek wkwk. Meskipun beliau bekerja dibidang perkeretaanpian, tapi anaknya sama sekali tidak menyukai kereta. Beliau juga ngasih liat beberapa dokumentasinya saat beliau ada di Jepang. Kita ngobrol ngalor ngidul tentang kereta.  Beliau bilang juga katanya tahun depan akan ada kereta baru lagi. Kereta apa ya? Ntar juga kalian tau~.
Lalu datang lagi pegawai KCJ dua orang. Dan setelah diketahui ternyata salah satunya adalah Direktur Utama KCJ, Bapak Fadhil. Namun kita tidak mengetahui satu orang lagi,karena beliau tidak memperkenalkan diri dan menggunakan jas hitam jadi nametagnya tidak terlihat. Wah sangat ga nyangka kita bisa ngobrol dengan para direktur. Sampe-sampe kita membahas tentang kaleng mania~.
“KRL mania kebanyakan ngeluh, pengennya murah tapi ga bisa tertib, mau kereta bagus? Tapi BOO-JAKK Rp50.000 mau?”
Intinya begitulah pembahasan kita tentang kaleng mania. Bahkan pak Jhon saja meminta kita untuk dapat menertibkan penumpang seperti di Jepang. Oh tentu itu hal yang sulit karena tertib adalah kesadaran diri sendiri. Lalu kita dikasih gift sama pak Jhon berupa peta dan brosur kereta jepang Ɵ sumpah gue seneng banget pas dikasih!! Pak Jhon pun senang karena kita senang sama kereta (?). banyak banget topik yang kita omongin sambil diselipin humor bener-bener baik para bapak Direktur ini.
Karena keasikan ngobrol ternyata kereta didepan kita sudah hampir rampung dirangkai hanya tinggal menunggu bagian kepala terakhirnya saja atau Kuha terakhirnya. Dan saat Kuha terakhir datang ternyata… gue baru sadar kalau itu Naha 44 atau Tou 28!! Gue suka kereta ini! ini yang gue incer karena gue suka angkanya! Seneng bukan kepalang pas tau. Setelah rapi dirangkai dan siap ditarik ternyata ditariknya bukan sama NR tapi sama lokomotif CC201xxx. Kita pun pengen ikut naik lokomotif, akhirnya kita minta izin ke bapak-bapak Direktur tadi, tapi ga dapet izin. Katanya ga boleh ada orang di lok. Oke gapapa~ karena kita ga boleh naik lok, akhirnya gue minta izin buat liat-liat dalemannya NR dan lu tau? DI IZININ COY!!!!! ASLI SENENG BINGGO!! Akhirnya pak Fadhil memanggil salah satu kru untuk mengawal kita naik NR.
Itu NR tinggi yak, gue harus berusaha buat naik, jangan sampe kesusahan kaya pas di PWK. Masalahnya malu kalau ga bisa naik dan diliatin para kru. Akhirnya gue berusaha dan naik dengan mudahnya. Yesss..Suer gue seneng banget karena ga kesulitan naik. Sekarang gue lagi ada di kabin NR cuy di kabin!! Pas di kabin, kita diserahkan ke kru NR, bapak Sarmidi kalau ga salah namanya. Beliau baik banget ngejelasin tentang NR dan beliau juga ngejelasin peralatan-peralatan apa aja yanga ada di NR dan ruangan-ruangan di NR tuh apa aja. Pokonya baik banget deh. Nanti gue bahas tentang NR di postingan selanjutnya.
Gak mau nyia-nyiain kesempatan emas saat di Kereta Penolong ini, gue langsung mendokumentasikan seluk beluk ruangan NR. Berantakan dan penuh dengan barang-barang, yaiyalah~ tidak lupa juga kita foto-foto dikabin NR. Rasanya seneng banget deh, diizinin naik NR, dijelasin seluk-beluk NR, boleh foto juga di kabinnya. Udah puas di NR kita pun turun dan ga lupa bilang terima kasih kepada para kru di NR terutama bapak Sarmidi yang udah membimbing dan ngejelasin tentang daleman NR.
di kabin NR
Sampe dibawah, kita langsung menuju kereta JR 205 eks Nambu Line. Dan beberapa kru pengawal sudah persiapan naik. Mungkin karena kereta akan segera ditarik ke Dipo Depok. Adam minta izin buat ikut nebeng sampe Depok dan ternyata diizinin ahaaayyy langsung aja naik ke kereta lewat kabin. Ini PERTAMA KALINYA GUE ADA DI DALEM KABIN JR 205 (204-28 Naha44/Tou28). Seneng bukan kepalang, masih ga nyangka gue bisa ada di tempat itu. Mungkin gue dan Pija adalah cewe pertama yang bisa merawanin kabin eks Nambu Line ini. Suasana didalem gelap bener-bener gelap, iyalah kan malem dan keadaan kereta mati. Di dalem kereta udah bersih, ga ada iklan sama sekali bahkan peta KRL nya pun ga ada ckck, Cuma ada stiker-stiker dan papan-papan bertulisakan kanji/hiragana/katakana entahlah bawaan dari keretanya.
memperawani Naha 44

   Pas kita menelusuri rangkaian ini, kta ketemu sama beberapa kru yang lagi asik bongkar-bongkar kursi, kayanya nyari oleh-oleh dari Jepang. Pas ditanya lagi ngapain, kru itu bilangnya lag nyari majalah Miyabi! LOL sangat LOL kita ngakak pas kru itu bilang begitu. Setelah itu kita sampe dikabin sebelah aka Kuha 205-28 dan rangkaian belakang Naha 44 adalah Naha 2!. Langsung lah poto-poto disana. Moment ini kapan lagi!! Sambil dokumentasi kita juga sambil ngobrol sama kru nya. Lama banget ini kereta ga jalan-jalan sampe-sampe berdatangan banyak “nyamuk Jepang” Ɵ kata salah seorang kru yang tidak diketahui namanya. Meskipun nyamuk Jepang, tapi “nyamuknya kalau laper tolol, kenyang bego” Ɵ kata Adam. Dan ohhh.. keretanya lama jalan karena sedang tukar lok dengan NR. Jadi ditarik NR dan didorong sama lok dari belakang.
Pukul 22.26. Setelah nunggu lama akhirnya jalan juga~ diperjalanan kita melewati rumah-rumah mepet rel yang jaraknya kurang dari setengah meter. Kereta berjalan pelan dengan sangat hati-hati. Ini perjalanan malam yang pertama menuju Dipo Depok. Masuk stasiun TPK masih dengan taspat -20kmph. Ternyata statsiun TPK penuh dengan sampah bahkan lebih layak disebut dengan TPS alias Tempat Pembuangan Sampah. Lepas TPK dibawa 30kmph. Terlihat warga pinggiran rel ada yang antusias melihat KRL baru ini, ada pula yang tidak peduli. Selama perjalanan gue selalu di kaca kabin masinis menikmati jalur malam dengan diterangi cahaya bulan tua kadang juga iseng nginjek S35 . Angin malam memang enak, dingin dan tidak bercampur bau bau polusi kendaraan. Jalur yang dilewati adalah PSO-TPK-RJW-PSE-KPB-THB-MRI-DP. Ternyata Pink Line di peta commuter itu seperti ini, banyak rel namun yang dipakai hanya dua saja. Sisanya digunakan oleh para warga pinggiran rel sebagai tempat bermain, pacaran, galau, bahkan tempat parkir mobil, bayangkan ada mobil terparkir ditengah rel!! sasugaaaaa~
Sampe PSE, kereta masuk dijalur 2. Dan berhenti cukup lama bahkan Adam masih sempat untuk membeli minum. Setelah terima aspek sinyal aman, PLB pun dilanjutkan dan sekarang posisinya adalah ditarik lok dan didorong NR. Ternyata kondisi stasiun yang aktif disiang hari sekarang sangat-sangat sepi hanya ada PKD yang berjaga. Diperjalanan tanpa sengaja kita berpapasan dengan Plasser Theureur. Ternyata Plesser ini adalah makhluk nocturnal dia aktif dimalam hari. Serta beberapa kereta barang yang sedang berdinas. Sampai MRI ternyata stasiunnya masih ramai. Ramai oleh pekerja maksudnya. Dan para plesser yang biasanya mangkal saja di stasiun pun malam itu berkeliaran menemani para pekerja. Serta ada 205 yang sedang bobo ganteng di jalur 1 dan 2 MRI. Di MRI PLB ini masuk dijalur 6. Berhenti sebentar lalu caw lagi.
Satu per satu stasiun antara MRI –DP  dilewati dan gue masih tetap terjaga sambil menikmati perjalanan. Sampai di DP kita pun turun, ternyata di rangkaian kereta sebelah, Naha 2, juga ada Railfans merekapun  turun. Jam udah menunjukan pukul 01.00 an. Sudah tidak ada kereta lagi menuju Bogor. Jadi kita memutuskan untuk masuk lagi ke kereta dan ikut ke Dipo Depok. Sedangkan RF yang di rangkaian sebelah tap out dan keluar di stasiun Depok.
Setelah lepas dengan lok, dan lok yang tadi menarik KLB ini pergi kembali ke Pasoso, NR pun bekerja ekstra untuk mendorong 2 set rangkaian eks Nambu ini masuk ke Dipo. Perjalanan masuk Dipo kurang mulus karena NR tidak cukup kuat untuk mendorong. Setelah bersusah payah akhirnya masuk juga di Dipo Depok.  Gue masuk Dipo Depok cuy!! Gue ga nyangka gue bisa menginjakan kaki di Dipo terbesar se Asia Tenggara ini. Bener-bener nyata! Berada di antara kereta-kereta yang sedang beristirahat. Para kru sedang sibuk melepas coupler NR dengan KRL. Gue dan Pija duduk-duduk direl sambil ngeliatin luasnya Dipo dan banyaknya kereta yang lagi tidur. Setelah selesai melepas coupler, sang masinis NR yang diketahui namanya adalah Ozan mengizinkan kita naik NR untuk kembali ke Pasoso, tentu setelah memberikan penjelasan karena tidak dapat kereta terakhir menuju ke Bogor.
di dalam NR menuju PSO

Sungguh ini bener-bener hal yang ga gue duga! Ga cuma naik seperti tadi, sekarang kita ikut caw ke PSO naik NR! Setelah naik kita disuruh ke ruang kru di kabin depan. Duduklah kita di ruangan kru, dikursi berwarna coklat yang cukup empuk. Ruangannya dingin karena ber-AC. Dipojok ruangan juga ada kulkas. Sambil menunggu izin diberangkatkan, sebut saja mas Ozan, dia menawari kita kolak yang ada dikulkas.
 “di kulkas ada kolak, makan aja masih banyak, mubazir kalau ga dimakan” dengan logat khas Jawa.
Setelah beliau menawari kolak, datanglah kru lain ada dua orang. Gue lupa siapa namanya. Tapi salah satunya adalah pemilik NR. Oke kita sebut saja sang pemilik NR itu sebagai “bapak NR” dan kru yang satu lagi kita sebut dengan “rekannya Bpk.NR” dalam cerita ini. Akhirnya kita ngobrol-ngobrol selama perjalanan. Bapak NR dan rekannya ini pun bercerita tentang pengalamannya.
Beliau menceritakan tentang apa saja yang dilakukan oleh Kereta Penolong saat sedang terjadi PLH. Bahkan tragedi PLH Bintaro 2 pun beliau dan rekannya yang ngurus. Beliau bahkan menceritakan tentang pengalamannya saat PLH Bintaro 1 terjadi. Dimana beliau membantu mengevakuasi para korban PLH. Beliau juga berkata bahwa tragedy itu adalah yang terparah dan mengerikan yang pernah beliau tangani.
“yang namanya tangan dan kaki itu udah putus-putus bapak ambilin aja dan bapak satuin di gubuk punya warga, udah ga peduli itu potongan tubuh punya siapa, bapak ambil aja bapak taro. Bapak udah ga bisa nyium apa-apa lagi kecuali bau darah. Rasanya pengen pingsan tapi bapak tahan. Bahkan polisi pun tidak berani mengevakuasi para korban. Terus waktu lokonya ditarik keluar dari gerbong kereta, itu kepala langsung pada ngegelinding. Ga kuat bapak. Ngeri. Tapi kasian…” kata beliau.
gilaaaa. Gue ngebayanginnya aja bener-bener dah susah diungkapin. Belum lagi waktu beliau cerita tentang  pengalamannya nabrak orang, bahkan yang pacaran.
 “waktu itu sore bapak lagi dinas, ada orang yang pacaran di rel. Udah bapak klaksonin juga ga mau pindah-pindah yaudah mau gimana lagi akhirnya ketabrak deh. Lagian pacaran kok di rel, apa enaknya coba? Gratis? Belum lagi yang bunuh diri. Nabrak orang sama nabrak binatang itu rasanya beda. Mungkin karena tulang-tulang nya juga beda. Kerasa banget kalau nabrak orang keretanya jadi ‘dretdretdret’ pas ke gilas”.
Gue yang ngedenger cerita beliau bener-bener cuma bisa cengo. Gue juga sempet nanya perasaan beliau pas tau kalau nabrak orang itu gimana dan beliau menjawab
“ya rasanya bener-bener bersalah padahal ga salah, toh memang sudah jalan pada jalurnya tapi ya mau gimana lagi. Kasian juga bapak sama korban. Bapak tau bapak dosa kalau nabrak orang” 
 Selama perjalanan pula beliau dan rekannya bercerita tentang pengalaman-pengalaman mereka, hingga saat waktu sahur tiba kita pun di suruh makan dan disediakan bento kaepci. Dan akhirnya kita pun sahur di NR. Pengalaman pertama gue ini bisa sahur di kereta penolong. Kru NR nya juga baik-baik, setelah selesai makan kita juga ditawari kolak bahkan kalau mau bikin kopi tinggal bikin aja. Bener-bener berasa rumah sendiri deh. Pas tiba waktu imsak semua kru NR pada tidur, mungkin mereka kelelahan. Pija dan Adam pun tidur. Tapi gue ga bisa tidur, udah nyoba meremin mata pun tetep ga bisa. Dan gue Cuma bisa menikmati perjalanan aja sambil chatting sama temen-temen gue.
makan sahur di NR
Sampe PSO jam 07.00, gila baru jam segini aja udah panas bingo. dan ternyata Naha 4 dan Naha 8 hampir rampung terangkai hanya tinggal menunggu Kuha dari Naha 4 dipasang. Sambil nunggu kita pun menelusuri sampe kebelakang kereta sambil gue mencatat SF dari kereta tersebut. Ah ternyata segala “ranjau” terlihat jelas jika pagi hari. Kotor dan bau.
Makin siang ternyata sengatan sinar matahari makin terasa, dan perjalanan ke dua masih lama. Yasudah kita masuk lagi ke NR untuk berlindung dari sinar matahari.  Karena terlalu lelah, Pija dan Adam pun tidur lagi. Tapi tetep aja gue ga bisa tidur. Terus mas Ozan, sang masinis NR datang, akhirnya ngobrol-ngobrol lah gue sama dia. Kata dia perjalanan ke dua caw jam 09.00. Dia juga bertanya apakah kita mau ikut perjalanan ke tiga atau engga.
“kayanya engga mas, udah capek banget. Kita mau ikut yang ke dua aja sampe Depok terus langsung pulang” kata gue ngejawab pertanyaan mas Ozan.
“hahaha, iya capek. Saya juga capek ini. Pengen pulang. Mending pulang aja istirahat. Engga tidur kaya yang lain?” kata mas Ozan.
“engga mas, ga bisa tidur hehe”
Yaaa.. kira-kira begitu lah percakapan gue sama mas Ozan sebelum akhirnya mas Ozan pergi buat makan. Masih ada waktu satu jam lagi sebelum pemberangkatan. Gue Cuma diem dan main hape doang buat ngabisin waktu. Singkat cerita, sepuluh menit sebelum berangkat gue bangunin Adam dan PIja buat pindah ke KRL. Kiat pun pindah, saat turun dari NR ternyata sudah ada beberapa RF lagi foto-foto, mereka juga keliatan heran pas ngeliat kita turun dari NR dengan muka bantal terus langsung naik ke KRL.  Dan sekarang gue telah memperjakai Naha 4!!! Rrrr… ternyata didalam sini jauh lebih panas dibanding waktu malam.
memperjakai Naha 4

 Ga lama kemudian kita pemberangkatan ke dua pun caw. Dan semua view yang semalam tidak terlihat jelas sekarang bener-bener keliatan jelas. Gue masih asik di kursi masinis sambil ngeliat keluar, tiap lewatin JPL, orang-orang pada ngeliatin. Tapi gue sih selaw~ sampe di Rajawali ternyata ada RF yang lagi nyegat dan itu si Sudin!! Ada Aliga, Deni dan satu orang temennya juga, gue ga tau siapa. Nyaaayy gue cuma bisa nyapa mereka dari kabin.
Sampe si PSE, diBLB in cukup lama karena antrian. Setelah itu caw lagi. Lewat KMO-KPB-THB-MRI. Stasiun yang dilewatin rame sama para penumpang yang fokus ngeliatin kereta oren kuning yang lewat di depan mereka, dan PKD Cuma bisa senyum-senyum ngeliat kita ada di KLB tersebut. Sampe KPB gue ngantuk parah akhirnya tidurlah gue, bangun-bangun pas di THB. Buru-buru gue Whasaap temen gue buat ngabarin kalau KLB nya udah sampe THB.
Sampe di MRI masuk peron 6 dan ternyata diujung utara peron 6 udah rame sama para RF!! Rame bingo! pada bawa kamera untuk dokumentasi. Dan diantara kerumunan RF tersebut ada temen-temen gue. KLB ini BLB di peron 6 MRI dan temen-temen gue langsung pada nyamperin pengen ikut naik. Tapi sayangnya pintu kabin di kunci dan harus minta izin kru dulu kalau mau ikut naik. Dan kabin kereta sebelah juga dikunci.
Ga lama kemudian KLB ini pun caw lagi menuju Depok. Tidak jarang kita juga ketemu sama RF lain yang lagi mendokumentasikan KLB ini distasiun-stasiun. Sempat kepikiran juga eksis sekali kita disetiap dokumentasi RF pasti ada wajah kita. Sesampainya kita di stasiun Depok, kita pun turun. Jujur pas turun rasanya udah pusing, lemes banget, capek, muka kucel, kusut, kek gembel, tapi hati ini seneng bukan kepalang. Bener-bener pengalaman yang SASUGA DEWANAI!! Sebelum kita pulang, kita juga pamit dan berterimakasih kepada rekan Bpk.NR karena kebetulan beliau lewat depan kita.

Kita tap-in di stasiun Depok dan menunggu KRL tujuan Bogor, pas kita lagi nunggu ternyata ada rombongan yang tadi di MRI pada datang. Gue ga sempet ngobrol panjang lebar sama mereka karena hayati sudah lelah bahkan sudah tak ada energy untuk berbicara, bawaanya pengen pulang, mandi dan tidur. Ga lama kemudian KRL Bogor datang, dan betapa hokinya gue dapet TM 6134, untung AC nya dingin. Singkat cerita gue udah sampe rumah, dan akhirnya gue bisa istirahat dan bisa nulis cerita ini. Bener-bener SASUGAAAAAAAAAAAA!!!!!!!! Berkah Ramadhan, berkah awal bulan~

0 komentar: